Ilmuwan Temukan Bintang Terpanas di Alam Semesta

| Jumat, 27 November 2015

Postdam Universitu/daily mail
ilsutrasi bintang terpanas yang ditemukan
ilsutrasi bintang terpanas yang ditemukan

Ilmuwan menemukan bintang terpanas di alam semesta. Bintang kerdil super terang di tepi galaksi Bima Sakti ini 42 kali lebih panas dibandingkan matahari. Suhu bintang ini memcahkan rekor hingga 250 ribu derajat Celcius.

Dilansir dari Daily Mail, bintang bernama RX J0439.8-6609 ini lebih panas dibandingkan bintang terpanas yang sebelumnya ditemukan. Sebagai informasi, bintang yang terdekat dengan bumi yakni matahari suhunya mencapai 50 ribu derajat Celcius. Para peneliti di Universitas Tubungen dan Potsdam di Jerman menggunakan teleskop Hubble untuk mengukur spektrum ultraviolet dari bintang ini.

Dari spektrum tersebut, mereka bisa memperkirakan berapa suhu yang dipancarkan. Bintang kecil RX J0439.8-6609 menghapus rekor sebelumnya yang dikenal sebagai bintang terpanas yang memiliki suhu 200 ribu derajat Celius meski sekarang sudah mulai mendingin.
Ketika bintang ini ditemukan 20 tahun lalu, bintang ini begitu cerah dan menjadi bagian dari Large Magellanic Cloud, galaksi kecil yang mengorbit di Bima Sakti.  Data terbaru menunjukkan bintang ini bergerak menjauh dengan kecepatan 220 km per detik. Temuan ini telah dipublikasikan dalam edisi terbaru Astronomy and Astrophysic.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev

About Me

Followers

▲Top▲