7 Fakta Menarik Terkait dengan Penemuan Baru Gelombang Gravitasi

| Kamis, 25 Februari 2016
Gelombang gravitasi ditemukan dari dua black hole yang saling bertabrakan
Gelombang gravitasi ditemukan dari dua black hole yang saling bertabrakan

Baru-baru ini kelompok ilmuwan dari National Science Foundation, Caltech, dan MIT mengumumkan bahwa mereka telah berhasil menemukan bukti keberadaan gelombang gravitasi sekaligus membuktikan bahwa teori Albert Einstein mengenai gelombang gravitasi adalah benar.

Penemuan tersebut merupakan salah satu penemuan di bidang sains terbesar sepanjang sejarah modern. Penemunya pun direncanakan akan diberikan penghargaan Nobel. Namun, apa itu gelombang gravitasi?

Gelombang gravitasi merupakan gelombang yang sangat kuat bahkan mampu memperlebar ruang dan waktu di sekitarnya. Para ilmuwan menemukan gelombang tersebut dengan menggunakan alat khusus bernama LIGO atau Advanced Laser Interferometer Gravitational-Wave Observatory.


Berikut adalah tujuh fakta menarik mengenai gelombang gravitasi dari Business Insider:

1. Gelombang gravitasi pertama kali diprediksi oleh Albert Einstein hampir 100 tahun yang lalu. Saat teori ini dipublikasikan oleh Einstein, ilmuwan belum memiliki teknologi yang memadai sehingga tidak bisa dibuktikan pada saat itu.



2. Ilmuwan meyakini bahwa ketika duablack hole saling bertabrakan, keduanya akan memancarkan gelombang gravitasi yang sangat kuat hingga akhirnya dapat mengganggu kestabilan ruang dan waktu.



3. Gelombang gravitasi dapat merambat melewati ruang dan waktu, namun bentuknya sangat kecil sehingga sangat sulit dideteksi. LIGO merupakan alat khusus untuk mendeteksi gelombang gravitasi. LIGO dikatakan mampu mendeteksi distorsi berukuran satu juta kali lebih kecil daripada atom hidrogen.



4. Gelombang gravitasi memungkinkan para ilmuwan untuk memperirakan kapan dua black hole saling bertabrakan. Gelombang gravitasi yang baru-baru ini terdeteksi oleh LIGO merupakan hasil tabrakan antara duablack hole.

Ilmuwan juga memprediksi bahwa energi hasil dari tabrakan tersebut bisa mencapai 50 kali lebih kuat dari energi seluruh bintang di alam semesta.



5. Black hole bukanlah satu-satunya objek yang memancarkan gelombang gravitasi. Bumi, Matahari dan planet serta bintang lainnya juga memiliki gelombang gravitasi.

Sayangnya gelombang tersebut sangat kecil, yaitu sekitar 100 miliar lebih kecil ketimbang gelombang gravitasi yang dipancarkan dari dua black hole yang bertabrakan. Hal tersebut membuat gelombang gravitasi bumi tidak bisa dideteksi oleh alat yang ada saat ini.



6. Ilmuwan memprediksi bahwa setiap 15 menit sekali akan ada dua black holeyang saling bertabrakan yang akan memancarkan gelombang gravitasi yang dapat dideteksi.



7. Sebelum ditemukannya gelombang gravitasi, ilmuwan tidak pernah tahu bahwa black hole dapat bertabrakan dan bergabung menjadi satu.

Ini membuktikan bahwa penemuan gelombang gravitasi tidak hanya untuk membuktikan teori Einstein, penemuan ini juga membuktikan adanya fenomena baru pada black hole yang tidak pernah diketahui sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev

About Me

Followers

▲Top▲