Ilmuwan Temukan Rahasia di Balik Ngidam

| Rabu, 18 November 2015
Ilmuwan Temukan Rahasia di Balik Ngidam
PERNAH merasa ingin sekali menyantap pizza setelah melihat iklan atau bahkan hanya melihat logo restoran pizza yang begitu familiar? Hamil atau pun tidak, semua orang bisa dikatakan pernah ‘ngidam.’ Keinginan yang begitu menggebu untuk menyantap sesuatu atau melakukan hal tertentu ini menjadi fenomena menarik untuk diteliti.
Para ilmuwan dari Dartmouth College, Amerika Serikat, baru-baru ini menemukan rahasia di balik fenomena yang menggebut-gebu saat menginginkan sesuatu tersebut. Mereka menemukan bagian otak yang berperan dalam menyebabkan seseorang sangat menginginkan sesuatu. Studi yang dipublikasikan di European Journal of Neuroscience, November 2015, ini juga membawa kabar baik, karena para ilmuwan menemukan bahwa dengan mengaktifkan reseptor otak tertentu, keinginan menggebu tersebut bisa ditekan.
Dalam studinya, para peneliti menggunakan teknologi baru yang disebut sebagai designer receptors exclusively activated by designer drugs (DREADD). DREADD ini merupakan reseptor buatan yang dirancang untuk meniru reseptor-reseptor alami di dalam otak. Kyle Smith, lektor Psychological and Brain Sciences di Dartmouth College mengungkapkan, mengaktifkan DREADD akan dapat menekan rasa ‘ngidam’ di ventral pallidum, yaitu area yang berperan dalam menimbulkan keinginan tersebut.
Dengan adanya temuan terbaru ini, keinginan menggebu terhadap makanan bisa ditekan sehingga meminimalkan risiko obesitas karena makan yang berlebihan (overeating). Temuan ini juga bisa dimanfaatkan untuk memerangi adiksi dan mengurangi kebiasaan lain yang tidak baik, seperti merokok atau penggunaan narkoba.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev

About Me

Followers

▲Top▲