NANO TECHNOLOGY

| Senin, 15 Juni 2015
Sekilas mengenal tentang teknologi nano. Ternyata saat ini teknologi nano berke,bang pesat di berbagai penjuru dunia. teknologi nano sudah tidak asing lagi dalam suatu pembicaraan. Perkembangan teknologi nano dewasa ini yang menjadi pusat perhatian para teknolog karena pengaruhnya yang sangat besar terhadap perkembangan teknologi tinggi terus di kembangkan. Karena Nano Teknologi diyakini sebagai sebuah konsep teknologi yang akan melahirkan revolusi industri baru di abad ke 21.Beberapa cabang ilmu terapan dan medis mengadopsi nano teknologi dan nano sains dan menjadikan pondasi sebagai bahan utamanya.

Teknologi nano atau nanotechnology adalah sebuah teknologi masa depan yang menggarap suatu produk dengan bahan baku partikel berukuran 10 pangkat minus 9 meter atau sepermilliar meter.

Sementara nano sains adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari fenomena atau sifat-sifat suatu obyek atau material dalam skala nanometer. Satu nanometer (nm) setara dengan 1/1.000.000milimeter atau sepermilliar milimeter, sebuah ukuran yang sangat kecil karena lebar DNA saja skalanya berkisar 2 nm. Skala nanometer hanya 10 kali lipat besaran sebuah atom (0,1 nm = 1 angstrom).

salah satu aplikasi dari nano teknologi ini yang terbaru yaitu kaca nano. Dimana pada kaca nano ini akan terlihat selalu bersih dari debu, karena debu memiliki ukuran partikel yaitu sebesar Mikro(10^-6). artinya ukuran debu tersebut lebih besar daripada ukuran pori-pori kaca nano yang berukuran nano(10^-9) yang mengakibatkan tidak ada debu yang menempel dikaca (jatuh).

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev

About Me

Followers

▲Top▲