Penelitian: Musik Metal Redakan Amarah dan Tingkatkan Emosi Positif

| Selasa, 23 Juni 2015
Ilustrasi | ist
Duajurai.com, Jakarta – Musik keras seperti heavy metal yang terdengar penuh amarah ternyata memberikan efek positif terhadap kejiwaan. Studi terbaru dari University of Queensland School of Psychology menunjukkan bahwa mendengarkan musik bising dapat membantu orang memproses amarah dan meningkatkan emosi positif, seperti inspirasi.
Situs CNN Indonesia mengutip Loudwire, Selasa, 23/6/2015, melansir, 39 responden berusia 13 hingga 34 tahun ikut serta dalam penelitian ini. Para responden diminta untuk melakukan reka ulang situasi yang membuat mereka marah di masa lalu. Saat amarah berkecamuk, mereka bebas memilih untuk mendengarkan musik pilihan sendiri atau duduk diam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat penggemar musik keras mendengarkan lagu kesukaan mereka, amarah tersebut tidak meningkat. Faktanya, tingkat amarah justru menurun dan pada saat bersamaan beberapa emosi positif meningkat.
Dalam artikel penelitian yang dipublikasikan dalam Frontiers in Human Neuroscience, para peneliti, Leah Sharman dan Genevieve A Dingle, menulis, “Hasil penelitian mengindikasikan bahwa musik esktrem tidak membuat partisipan yang sedang marah tambah marah. Sebaliknya, musik ini tampaknya menyesuaikan gairah psikologi mereka dan menghasilkan meningkatnya emosi positif. Mendengarkan musik ekstrem dapat menjadi cara sehat dalam memproses amarah terhadap pendengarnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev

About Me

Followers

▲Top▲