Insektisida DDT dapat Sebabkan Kanker

| Rabu, 24 Juni 2015
Insektisida DDT dapat Sebabkan Kanker

Dichloro Diphenyl Trichloroethan (DDT) biasa digunakan sebagai insektisida untuk memusnahkan hama. Namun hari Selasa (23/6) kemarin World Health Organization (WHO) menyampaikan laporan terbaru mereka terkait DDT yang cukup berbahaya bagi manusia karena dapat mengakibatkan kanker.
Adapun kanker yang bisa disebabkan oleh DDT antara lain kanker hati dan kanker testis. International Agency for Research on Cancer (IARC) yang berada di bawah naungan WHO telah memutuskan untuk mengklasifikasikan DDT sebagai probably carcinogenic to humans dalam kategori grup 2A.
Informasi dari Fox News menyebutkan bahwa hasil penelitian tidak menemukan adanya efek kanker lain. Namun selain dua kanker yang telah disebutkan, DDT juga berpotensi untuk merusak sel-sel dalam tubuh dan dapat menekan sistem kekebalan tubuh.
DDT pertama kali diperkenalkan untuk pengendalian penyakit akibat penularan serangga selama Perang Dunia II yang kemudian diterapkan secara luas untuk memberantas malaria dan hama di wilayah pertanian.
"Dampak DDT bisa terjadi meski insektisida itu masih digunakan untuk pengendalian malaria di beberapa negara Afrika,” kata juru bicara IARC.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev

About Me

Followers

▲Top▲