200 Tahun Lagi, Manusia Bakal Alami Evolusi Terbesar Dalam Biologi

| Rabu, 24 Juni 2015

200 Tahun Lagi, Manusia Bakal Alami Evolusi Terbesar Dalam Biologi



Cybernetic organism alias cyborg adalah istilah yang dipakai untuk menyebut makhluk hidup yang sebagian tubuhnya digabungkan dengan mesin atau robot.

Cyborg biasanya cuma ditemukan di film fiksi ilmiah semisal bangsa Borg dalam serial Star Trek. Tapi, seorang profesor bernama Yuval Noah Harari dari Universitas Yerusalem meramal bahwa nantinya kita bakal bisa menemui cyborg di kehidupan sehari-hari.
"Saya rasa kemungkinan dalam 200 tahun ke depan homo sapiens (manusia) bakal meningkatkan diri mereka menjadi semacam 'dewa', entah lewat rekayasa genetika atau menciptakan cyborg, gabungan antara makhluk organik dengan mesin," kata Harari sebagaimana dirangkum Nextren dari The Telegraph, Kamis (24/5/2015)
"Perkawinan" antara manusia dengan mesin yang mewujud dalam bentuk cyborg itu disebut Harari bakal menjadi "evolusi terbesar dalam biologi", semenjak kehidupan muncul di bumi 4 miliar tahun yang lalu.
Harari percaya bahwa manusia pada akhirnya tak akan bisa menahan godaan untuk melakukan "upgrade" terhadap dirinya sendiri.
"Kita pada dasarnya tak pernah puas," kata Harari.
"Bahkan ketika manusia memperoleh aneka pencapaian, itu semua tak akan cukup. Kita selalu menginginkan lebih."
Walau terdengar canggih, Harari mengingatkan bahwa masa depan bersama cyborg ini boleh jadi tak seindah yang dibayangkan.
Lantaran mahal, teknologi cyborg mungkin bakal terbatas hanya tersedia untuk kalangan berduit saja sehingga melebarkan kesenjangan antara kaum kaya dan miskin di masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev

About Me

Followers

▲Top▲