Prospek Kerja dan Review Jurusan FMIPA

| Kamis, 18 Juni 2015


FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) ini berisikan jurusan-jurusan yang ada di ilmu-ilmu Sains.
Fakultas ini secara umum bertujuan untuk menghasilkan peneliti dan analis. Jurusan-jurusan yang ada di FMIPA secara umum adalah : Matematika, Statistika, Fisika, Geofisika, Elektronika dan Instrumentasi, Kimia, Farmasi, Biologi, Astronomi, dan Geografi. Berikut review jurusan di Ilmu Sains yang bakalan saya ulas :

1. Matematika
Di jurusan Matematika (khususnya prodi Matematika) ini mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan matematika secara khusus, jadi yang dipelajari pun bukan hanya sekadar hitung-menghitung. Pelajaran di SMA yang mendasari jurusan Matematika adalah pelajaran matematika.
Prospek kerja dari sarjana Matematika dibutuhkan sebagai peneliti di LIPI, BATAN, LAPAN, PT. DI, BPPT, dsb. Selain itu, sarjana Matematika juga bisa menjadi aktuaria di perusahaan asuransi seperti ASURANSI BUMIPUTRA, JIWASRAYA, REASURANSI, dsb (btw aktuaria sekarang lagi banyak dibutuhin lho, gajinya juga gak main-main kok). Nggak cukup sampai di situ, sarjana Matematika juga bisa menjadi analis atau bahkan menjadi programmer komputer di perusahaan asing atau perusahaan swasta nasional (yang bikin Google kan lulusan matematika tuh). Yang terakhir, tentu saja, sarjana Matematika bisa menjadi dosen di Perguruan Tinggi. (btw, yang nulis ini juga lagi kuliah matematika lho, hehe #GaPenting)
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke prodi Matematika adalah : UNSYIAH, USU, UNRI, UNSRI, UI, ITB, UNPAD, UNDIP, UNS, UGM, ITS, UNAIR, UB, UNHAS, UNIMED, UNP, UNAND, UIN-SUSKA, UNJ, UNIB, UNJA, UNILA, UIN-JKT, IPB, UPI, UIN-SGD, UNTIRTA, UNSOED, UNNES, UNS, UNY, UIN-SUKA, UNTAN, UPR, UNLAM, UMMUL, UNESA, ITS, IAIN SUNAN AMPEL, UM, UIN-MALANG, UNEJ, UNUD, UNDIKSHA, UNRAM, UNDANA, UNM, UIN-ALAUDDIN, UNTAD, UNHALU, UNIMA, UNSRAT, UNPATTI, UNCEN, UNIPA, UNG, dan UNKHAIR.

2. Statistika
Statistika termasuk bagian dari jurusan Matematika, namun prodi ini lebih mengarah ke studi tentang pembuatan keputusan ilmiah di sesuatu yang gak pasti. Pelajaran di SMA yang mendasari adalah pelajaran matematika. Prospek kerja dari sarjana Statistika juga gak terlalu jauh dari sarjana Matematika. Yaitu, bisa menjadi peneliti di Biro Pusat Statistik (BPS), LIPI, BPPT, dsb. Selain itu, bisa menjadi pengolah data di berbagai instansi atau perusahaan. Sarjana Statistika juga bisa menjadi analis atau programmer komputer di perusahaan, dan dapat juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke prodi Statistika adalah : IPB, UNPAD, UGM, ITS, UNDIP, UNMUL, dan UNHAS.

3. Fisika
Fisika ini mengarah ke studi yang berkaitan dengan gaya, atom, optik, partikel, dll. Pelajaran di SMA yang mendasari prodi Fisika adalah fisika dan matematika. Prospek kerja dari sarjana Fisika bisa menjadi peneliti di LIPI, BATAN, LAPAN, PT. DI, BPPT, LEN, dsb. Selain itu, bisa menjadi analis atau programmer komputer di perusahaan asing atau swasta, dan dapat menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke prodi Fisika adalah : UNSYIAH, USU, UNRI, UNSRI, UI, ITB, UNPAD, UNDIP, UNS, UGM, ITS, UNAIR, UB, UNHAS, UNIMED, UNP, UNAND, UIN-SUSKA, UNJ, UNIB, UNJA, UNILA, UIN-JKT, IPB, UPI, UIN-SGD, UNTIRTA, UNSOED, UNNES, UNS, UNY, UIN-SUKA, UNTAN, UPR, UNLAM, UMMUL, UNESA, ITS, IAIN SUNAN AMPEL, UM, UIN-MALANG, UNEJ, UNUD, UNDIKSHA, UNRAM, UNDANA, UNM, UIN-ALAUDDIN, UNTAD, UNHALU, UNIMA, UNSRAT, UNPATTI, UNCEN, UNIPA, UNG, dan UNKHAIR.

4. Geofisika
Geofisika termasuk bagian dari jurusan Fisika, namun prodi ini lebih mengarah ke studi tentang kondisi fisik bumi. Pelajaran di SMA yang mendasari prodi Geofisika adalah fisika dan matematika. Prospek kerja dari sarjana Geofisika bisa menjadi peneliti di Direktorat Vulkanologi, ELNUSA, Caltex, dsb. Selain itu, bisa juga sebagai surveyer di perusahaan minyak bumi seperti Mobil Oil, Union Oil, dsb. Dan, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke prodi Geofisika adalah : UGM, TTM, UNILA, UNHAS.

5. Elektronika dan Instrumentasi (Elins)
Elektronika dan Instrumentasi (Elins) adalah prodi yang mempelajari tentang magnet, listrik, termodinamika, dan gelombang. Pelajaran di SMA yang mendasari prodi Elins adalah fisika dan matematika. Prospek kerja dari sarjana Elins bisa menjadi peneliti di LIPI, LAPAN, BPPT, PT. DI, PT. TELKOM, INDOSAT, ELNUSA, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi perancang software atau hardware komputer di IBM, ASTRA, dsb. Dan, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke prodi Elins adalah UGM.



6. Kimia
Kimia termasuk jurusan sekaligus prodi yang mempelajari tentang sifat dan perubahan susunan suatu zat. Yang gue tahu, prodi Kimia sangat sibuk dengan yang namanya percobaan di laboratorium. Jadi, kalo mau masuk ke prodi Kimia, harus tekun ya. Pelajaran di SMA yang mendasari prodi Kimia adalah pelajaran kimia.
Prospek kerja dari sarjana kimia bisa menjadi peneliti di LIPI, BATAN, BPPT, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi Quality Control (QC) di industri Kimia, plastik, makanan, pertanian, perminyakan, dsb. Dan, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke prodi Kimia adalah : UNSYIAH, USU, UNRI, UNSRI, UI, ITB, UNPAD, UNDIP, UNS, UGM, ITS, UNAIR, UB, UNHAS, UNIMED, UNP, UNAND, UIN-SUSKA, UNJ, UNIB, UNJA, UNILA, UIN-JKT, IPB, UPI, UIN-SGD, UNTIRTA, UNSOED, UNNES, UNS, UNY, UIN-SUKA, UNTAN, UPR, UNLAM, UMMUL, UNESA, ITS, IAIN SUNAN AMPEL, UM, UIN-MALANG, UNEJ, UNUD, UNDIKSHA, UNRAM, UNDANA, UNM, UIN-ALAUDDIN, UNTAD, UNHALU, UNIMA, UNSRAT, UNPATTI, UNCEN, UNIPA, UNG, dan UNKHAIR.

7. Biologi
Biologi termasuk jurusan sekaligus prodi yang mempelajari tentang makhluk hidup dan permasalahan pada binatang dan tumbuhan. Pelajaran di SMA yang mendasari prodi Biologi adalah pelajaran biologi.
Prospek kerja sarjana Biologi bisa menjadi peneliti di LIPI, Lembaga Biologi Nasional (LBN), Biologi Tropis (Biotrop), Departemen Kesehatan, Pertamina, dsb. Selain itu, bisa menjadi analis di Industri Pertanian, Farmasi, Peternakan, Kehutanan, dsb. Dan, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke prodi Biologi adalah : UNSYIAH, USU, UNRI, UNSRI, UI, ITB, UNPAD, UNDIP, UNS, UGM, ITS, UNAIR, UB, UNHAS, UNIMED, UNP, UNAND, UIN-SUSKA, UNJ, UNIB, UNJA, UNILA, UIN-JKT, IPB, UPI, UIN-SGD, UNTIRTA, UNSOED, UNNES, UNS, UNY, UIN-SUKA, UNTAN, UPR, UNLAM, UMMUL, UNESA, ITS, IAIN SUNAN AMPEL, UM, UIN-MALANG, UNEJ, UNUD, UNDIKSHA, UNRAM, UNDANA, UNM, UIN-ALAUDDIN, UNTAD, UNHALU, UNIMA, UNSRAT, UNPATTI, UNCEN, UNIPA, UNG, dan UNKHAIR.

8. Farmasi
Farmasi adalah prodi yang mempelajari tentang bahan-bahan obat, pembuatan, pengolahan, peracikan, pengubahan bentuk, pencampuran, dan penyimpanan obat. Pelajaran di SMA yang mendasari prodi Farmasi adalah pelajaran biologi dan kimia.
Prospek kerja sarjana Farmasi bisa menjadi peneliti di Industri Farmasi, Kosmetika, Rumah Sakit, Kemenkes, dsb. Selain itu, bisa juga menjadi apoteker di apotek-apotek dan rumah sakit, dan juga sebagai dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke prodi Farmasi adalah : USU, UNAND, UI, ITB, UNPAD, UGM, UNAIR, UNHAS, UIN-JKT, UNSOED, UNTAN, UNLAM, UNUD, UIN-ALAUDDIN, dan UNHAS.

9. Astronomi
Astronomi adalah prodi yang mempelajari tentang benda-benda dan isinya dalam jagad raya. Pelajaran di SMA yang mendasari prodi Astronomi adalah fisika dan matematika.
Prospek kerja sarjana Astronomi bisa menjadi peneliti di LAPAN, Angkatan Laut, Angkatan Udara, BPPT, Planetarium, Observatorium, Bosscha ITB, Kementerian Perhubungan, dsb. Selain itu, juga bisa menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke prodi Astronomi adalah : ITB.

10. Geografi
Geografi adalah prodi yang mempelajari tentang aneka peristiwa, terutama yang menyangkut populasi dan tingkah laku kekayaan bumi, baik karena peristiwa alam maupun dalam rangka interaksi sosial. Pelajaran di SMA yang mendasari prodi Geografi adalah pelajaran geografi.
Prospek kerja sarjana Geografi bisa menjadi peneliti di LIPI, LAPAN, Dinas Pekerjaan Umum, Pemerintah Daerah, Dinas Pendapatan Daerah, Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional, dsb. Selain itu, bisa menjadi surveyer di berbagai Biro Konsultan, Kementerian Kehutanan dan Transmigrasi, Agraria, Kependudukan, dsb. Dan, bisa juga menjadi dosen di Perguruan Tinggi.
Universitas yang bisa dijadiin referensi kalo mau masuk ke prodi Geografi adalah : UNSYIAH, UGM, UNIMED, UNP, UNILA, UNJ, UPI, UNNES, UNS, UNY, UNESA, UNDIKSHA, UNIVERSITAS NUSA CENDANA, UNM, UNIMA, UNPATTI, dan UNCEN.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev

About Me

Followers

▲Top▲